Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Kabupaten Lumajang Jawa Timur rupanya menaruh sejuta estetika tamasya alam yang amat luar awam, dan ini untuk ketiga kalinya gue berkunjung ke Kabupaten Lumajang Jawa Timur.
Nah apabila Sobat mau berkunjung ke Air Terjun Kapas Biru, Sobat dapat via dua jalanan. Yang pertama adalah via Kabupaten Lumajang yang mana Kabupaten Lumajang ini cuma terdapat satu stasiun kecil adalah Stasiun Klakah dan juga ada terminal bis, tetapi jarak dari sentra Kota Lumajang ke Air Terjun Kapas Biru ini cukup jauh dan cuma ada angkutan awam berupa mini bis untuk dapat hingga ke Air Terjun Kapas Biru. Dari Kota Lumajang hingga ke Air Terjun Kapas Biru ini jaraknya kurang lebih 50 km atau 1 jam 20 menit perjalanan. 

Dan jalanan yang kedua adalah via Malang, sebab letak Air Terjun Kapas Biru ini berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, dari Malang Sobat 08bisa naik angkutan awam bis mini maupun dapat menyewa kendaraan pribadi bagus motor maupun kendaraan beroda empat, melainkan amat disarankan untuk menyewa kendaraan pribadi sebab lebih pesat dan hemat. Dari Malang hingga Air Terjun Kapas Biru ini kurang lebih jaraknya 68 km atau 2 jam perjalanan.

Dari Malang ke Lumajang ini rutenya amat gampang sebab jalanan ini adalah jalanan nasional lintas selatan, jadi telah banyak papan penunjuk jalan, tetapi sesudah hingga di tempat Dampit jalur mulai agak berliku-liku dan sempit sehingga Sobat 08harus berhati-hati, apalagi di jalan ini banyak kendaraan beroda empat truk pengangkut pasir. Sepanjang perjalanan kalian juga akan disuguhi panorama sawah, sampai hutan-hutan yang amat cantik.
Air Terjun Kapas Biru ini telaknya di Desa Mulyoharjo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Sesudah menjelang wilayah Kecamatan Pronojiwo, Sobat 08nanti akan memperhatikan banyak papan pedoman air terjun, sebab wilayah ini memang pusatnya air terjun yang amat cantik. Jadi bila datang kesini Sobat 08bisa banyak menjelajahi air terjun, diantaranya Air Terjun Kapas Biru, Air Terjun Tumpak Sewu, Goa Tetes, Air Terjun Coban Sriti dan masih banyak lagi.

Dari jalan raya menuju daerah parkir Air Terjun Kapas Biru ini cukup dekat kurang lebih 500 meter. Dan setibanya di daerah parkir Sobat 08hanya akan menemukan sebagian kios, tidak sebanyak di daerah tamasya yang lain, sebab Air Terjun Kapas Biru ini juga masih tergolong baru dibuka untuk awam sekitar tahun 2015. Zona parkir juga cuma dapat untuk parkir sepeda motor dan kendaraan beroda empat kecil.

Karcis masuk ke Air Terjun Kapas Biru ini amat murah adalah Rp.5000. dan parkir cuma Rp. 2000. Sesudah membayar karcis masuk yang dikelola warga setempat Sobat 08bisa lantas menuju ke lokasi Air Terjun Kapas Biru. Dari daerah parkir Sobat 08langsung menuju ke selatan dan akan disambut oleh kebun buah salak yang cukup luas.

Jarak dari daerah parkir menuju ke Air Terjun Kapas Biru ini lumayan jauh, kurang lebih 1,5 km dengan medan yang cukup susah. Apalagi sesudah via kebun buah salak kalian seharusnya menuruni tangga yang terbuat dari besi yang tingginya kurang lebih 5 meter dengan kecuraman 90 derajat dan tanpa pengaman sama sekali, jadi tepat turun dari tangga seharusnya berhati-hati.
Jarak dari daerah parkir menuju ke Air Terjun Kapas Biru ini lumayan jauh, kurang lebih 1,5 km dengan medan yang cukup susah. Apalagi sesudah via kebun buah salak kalian seharusnya menuruni tangga yang terbuat dari besi yang tingginya kurang lebih 5 meter dengan kecuraman 90 derajat dan tanpa pengaman sama sekali, jadi tepat turun dari tangga seharusnya berhati-hati.

Sesudah via tangga, terdapat jalan setapak yang masih berupa tanah, jalan ini lazimnya dipakai warga untuk berkebun, seringkali saya juga menjumpai sebagian warga yang habis memetik kopi dan mencari rumput. Jalan setapak ini lumayan sempit dan licin apabila sesudah hujan jadi Sobat 08juga seharusnya berhati-hati sebab pinggirnya lantas lembah. Ada sebagian jalan yang landai dan ada juga yang menanjak melainkan tak tinggi.

Selama perjalanan menuju Air Terjun Kapas Biru ini panoramanya amat natural dan tentunya juga amat cantik sekali. Kalian akan menjumpai tebing-tebing tinggi, pohon-pohon yang rindang, dan bunyi aneka satwa yang merdu. Jadi selama perjalanan tentunya tidak akan membikin bosan meski amat melelahkan. Sobat 08juga akan via kebun kopi, sungai dengan jembatan bamboo dan sawah-sawah. Dan saat telah via sawah itu tandanya Air Terjun Kapas Biru telah amat dekat.

Sesudah via perjalanan panjang yang amat menguji adrenalin dan amat melelahkan, alhasil asa untuk memperhatikan keelokan Air Terjun Kapas Biru dapat terbentuk. Dan rupanya lebih cantik aslinya ketimbang yang ada di foto-foto media social. Air yang amat bening dan mengalir deras, serta tebing dengan warna cokelat agak keemasan yang semacam itu tinggi, membikin air terjun yang satu ini amat istimewa.

Udara yang amat teduh dan air yang amat segar membikin suasana di Air Terjun Kapas Biru ini amat nyaman seperti di dunia asa, dan rasa lelah akan segera sirna sesudah mengirup udara segar dan memperhatikan menawannya panorama Air Terjun Kapas Biru. Suasana yang masih amat natural inilah yang menjadi kekuatan tarik Air Terjun Kapas Biru, di sana juga ada gubuk yang terbuat dari bambu yang dapat dipakai untuk beristirahat.

0 Response to "Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel