Air Terjun Mata Jitu | Tempat Wisata Memikat di Sumbawa

Di Pulau Moyo terdapat sebagian air terjun yang benar-benar cantik dan salah satunya ialah Air Terjun Mata Jitu yang berlokasi di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas,Kabupaten Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya memang tersembunyi dan membutuhkan penjelajahan panjang untuk dapat hingga ke sana.


Air terjun ini mempunyai estetika mempesona yang telah familiar sampai ke mancanegara. Salah satu tokoh familiar yang pernah berkunjung ke sini ialah almarhum Putri Diana dari Inggris. Tidak heran apabila Mata Jitu juga disematkan julukan sebagai Queen Waterfall. Itu tiba di lokasi, Anda akan dijadikan terkagum oleh pemandangan alamnya yang cantik. Ada tiga buah undakan yang dapat Anda temui di Air Terjun Mata Jitu Sumbawa dengan masing-masing mempunyai tinggi 7 meter.

Mata Jitu sendiri punya arti sebagai mata air yang jatuh pas di kolam yang ada di bawahnya. Air terjun Mata Jitu ini mempunyai air yang nampak benar-benar bening. Tipe batuan yang berada di sekitarnya bukan batu padat seperti yang dijumpai pada biasanya, melainkan berupa batu kapur. Air terjun ini juga dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit di komponen permukaan dinding. Kecuali itu, kombinasi stalaktit dan stalagmit yang berbeda-beda format ataupun ukurannya kian menjadi tenaga tarik tersendiri bagi para pelancong.

Sekeliling Air Terjun Mata Jitu ini terdapat pohon-pohon hijau natural yang membikin suasana asri dan adem. Air Terjun Mata Jitu yakni salah satu primadona yang dimiliki oleh Pulau Moyo. Kecuali itu, Air Terjun Mata Jitu sudah dinobatkan sebagai salah satu komponen cagar alam Indonesia dimana lokasi ini sudah terwujud semenjak jutaan tahun yang lalu. Meski lokasinya tersembunyi, melainkan fasilitas dan akomodasi menuju Pulau Moyo telah benar-benar komplit.

Anda tak boleh menceburkan diri di dalam wilayah air terjun ini. Pengelola di sana melegalkan hukum ketat untuk hal yang satu ini demi menjaga estetika air terjun. Sekiranya Anda mau mandi, ada titik tersendiri yang khusus disediakan untuk bermain air. Kebersihan di Air Terjun Mata Jitu nampak benar-benar terjaga. Daerah ini jaraknya kurang lebih sekitar 21 km dari kota Sumbawa Besar (ibukota kabupaten Sumbawa).

Sekiranya Anda mau ke Air Terjun Mata Jitu karenanya bisa mengawali perjalanan menuju Desa Ai Bari. Sesudah hingga, Anda melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Moyo dengan menyewa perahu nelayan dari Desa Ai Bari. Dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan, dan selama perjalanan Anda akan disuguhi panorama Pulau Moyo yang memikat. Sesudah hingga di Desa labuan Aji, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi air terjun dengan memakai ojek motor selama 25 menit atau berjalan kaki selama 2 jam.

0 Response to "Air Terjun Mata Jitu | Tempat Wisata Memikat di Sumbawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel