Taman Narmada Pemandian Raja dengan Mata Air Awet Muda

Taman Narmada yakni salah satu taman terbesar di Nusa Tenggara Barat. Luas zonanya sekitar dua hektar dan mempunyai kemudahan jalan masuk dari semua penjuru. Apabila anda berkunjung ke Mataram, karenanya lokasi taman ini cukup gampang dan dekat untuk ditempuh. Berlokasi di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10 kilometer sebelah timur kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Salah satu daerah bertamasya yang menarik di Lombok ialah Taman Narmada ini, yang mempunyai panorama dan suasana yang benar-benar menawan. Peninggalan kerajaan yang diketahui sebagai kolam pemandian raja ini yakni liburan spesial yang nampak berbeda, diantara objek tamasya yang ada di pulau ini. Apabila selama ini kawasan Nusa Tenggara diketahui dengan estetika lautnya yang unik, panorama khas tropis dan alam yang alami, karenanya untuk Narmada, estetika pemberesan taman buatan yang konsisten nampak modern dan menawan walau berusia ratusan tahun, ialah energi tarik tersendiri bagi pengunjung yang bertamasya ke Lombok.

Taman yang menawan di Lombok ini didirikan di kecamatan Narmada oleh Raja Mataram Lombok, Hati Agung Ngurah Karang Asem pada tahun 1727. Daerah ini difungsikan sebagai daerah upacara Pekelan yakni ritual perjuangan, yang diselenggarakan tiap purnama kelima tahun Saka (Oktober-November). Kecuali daerah upacara, Taman Narmada juga diaplikasikan sebagai daerah peristirahatan keluarga raja pada dikala musim kemarau. Nama daerah ini merujuk pada nama sebuah sungai di India. Bentuk dari taman ini menyerupai gunung Rinjani dengan danau Segara Hati. Dan informasinya, saat sang raja telah terlalu tua untuk melaksanakan ritual upacara kurban (pekelan) ke puncak gunung Rinjani yang mempunyai ketinggian 3.726 meter, karenanya beliau memerintahkan semua penghuni kerajaan untuk membawa suasana Gunung Rinjani ke sentra kota. Akibatnya di pinggir kota Mataram Lombok, mereka berjanji untuk membikin duplikatnya yakni Taman Narmada. Di masa lalu, kecuali sebagai daerah untuk memuja dewa Shiwa, Taman menawan ini juga diaplikasikan sebagai daerah peristirahatan dan pemandian sang raja. Dikala ini Taman Narmada terbuka untuk awam dan menjadi sentra rekreasi yang senantiasa ramai dikunjungi pelancong lokal dan mancanegara dan senantiasa padat terutamanya pada akhir minggu.

Konsep taman ini berciri khaskan nuansa alam yang eksotik, dibenahi menyerupai wujud gunung. Di komponen bawah dari Taman Narmada Lombok ini terdapat tiga kolam yang yang memperoleh air dari sumber mata air bening dan formatnya seperti danau yang menawan. Berjumlah tiga, sama seperti jumlah danau Segara Hati di puncak Gunung Rinjani. Kecuali itu, di dalam taman ini terdapat Pura Kalasa yang berada di komponen paling atas. Untuk hingga ke pura yang megah ini, anda wajib via puluhan buah hati tangga yang diciptakan supaya terlihat seolah-olah menaiki gunung. Cukup melelahkan untuk hingga ke puncak atas Pura Kalasa. Melainkan rasa capek dan lelah hal yang demikian akan terhapus dengan adanya suasana alam yang masih segar, pohon-pohon yang rindang dan kolam renang natural dengan air yang bening.

Dalam satu tahun sekali antara bulan November dan Desember  taman ini akan terlihat seperti sentra ibadah. Para penduduk absah Lombok penganut agama Hindu pada bulan hal yang demikian lazimnya merayakan Hari Pujawali dengan menaiki Gunung Rinjani dan melaksanakan ritual pekelan dengan melempar barang-barang dan perhiasan kecil untuk menghormati Dewa yang menjaga Gunung Rinjani. Melainkan bagi yang tak cakap pergi ke gunung, mereka cukup datang menuju pura di taman ini.

Di Taman Narmada anda juga bisa memperhatikan bangunan yang berlokasi di depan pintu masuk Taman yang di ucap dengan Bale Agung, yakni daerah Raja mengadakan pertemuan atau rapat. Bale Loji, yakni daerah menaruh persenjataan yang di pakai oleh para prajurit kerajaan. Dan di sebelah selatan juga terdapat Grai sofenir yang memasarkan pernak – pernik khas Lombok untuk para pelancong.  

Bila menarik lainnya di objek liburan ini ialah, eksistensi beraneka alat permainan bagi pengunjung seperti sampan dan flying fox yang melintas di atas air kolam di Taman Narmada, yang sumbernya berasal dari mata air yang ada di gunung Rinjani dan diandalkan dapat membikin awet muda. Percaya atau tak, beberapa masyarakat setempat ataupun pelancong yang datang ke taman menawan di Lombok ini lazimnya melaksanakan mencuci muka atau meminum air kolam hal yang demikian. Anda juga bisa merasakan makanan khas Lombok yang ada di Taman Narmada yakni Sate Bulayak.

Apabila anda berkeinginan mengaplikasikan taksi dari sentra kota menuju Taman Narmada, tarifnya sekitar 50 ribu rupiah. Karcis seandainya berkeinginan mengaplikasikan transportasi awam, dari terminal Mandalika tak lebih dari 10 ribu rupiah. Taman Narmada di Lombok mempunyai lokasi yang benar-benar strategis dan posisi terbaik di kawasan Mataram. Dan jam buka untuk awam diawali dari jam 07.00 sampai jam 18.00 WITA dan buka tiap hari.  masuk ke daerah ini cukup murah dan tak lebih dari 10 ribu rupiah per orang.

1 Response to "Taman Narmada Pemandian Raja dengan Mata Air Awet Muda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel