Gunung Rinjani Tempat Wisata Gunung Favorit di NTB

Gunung Rinjani merupakan Gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang yaitu gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta berlokasi pada lintang 8º25\\\' LS dan 116º28\\\' BT ini yaitu gunung unggulan bagi pendaki Indonesia sebab estetika panoramanya. Gunung ini yaitu komponen dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. 

Secara administratif gunung ini berada dibawah tiga kabupaten merupakan: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m x 4.800 m, memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat danau Segara Anakan seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini menyusun air terjun yang benar-benar cantik, mengalir melalui lembah yang terjal. Danau Segara Hati ini banyak terdapat ikan mas dan mujair, sehingga kerap diaplikasikan untuk memancing. Dengan warna airnya yang membiru, danau ini bagaikan si kecil lautan, sebab itulah disebut \\\"Segara Hati\\\". Komponen selatan danau ini disebut dengan Segara Endut, dan disebelah timurnya terdapat gunung Baru yang oleh bahasa setempat disebut dengan Gunung Baru Jari. yang mempunyai kawah seluas 170 x 200 m dengan ketinggian 2.296 - 2376 m dpl. Pada tahun 1994 gunung Baru Jari ini meletus dan memuntahkan isi perutnya di sekitar danau Segara Anakan.Puncak gunung Rinjani diyakini oleh masyarakat Lombok sebagai daerah yang disucikan, dan danau Segara Hati-nya dijaga oleh Dewi Anjani. Kita jadi berdaya upaya, apa sih yang membikin Rinjani menjadi sebegitu pentingnya sehingga dilindungi bagus oleh manusia dan dewa? Jawabannya merupakan: mahakarya pemandangannya. Kealamian yang dimiliki gunung yang menjadi latar belakang utama panorama Lombok utara ini memang benar-benar pantas untuk dijaga dan dirasakan. Oleh Dewi Anjani dan oleh kita segala.

Gunung Rinjani mempunyai lima rute pendakian, masing-masing mempunyai estetika visual dan tingkat kesusahannya sendiri-sendiri. Mari kita bandingkan dua rute yang paling banyak dilalui oleh pendaki: rute Senaru dan dan rute Sembalun Lawang. Rute dari desa Senaru berbentuk tanjakan yang tiada henti. Melainkan sepanjang perjalanan, kita akan dilingkupi oleh pohon-pohon yang hijau. Ketika telah melalui wilayah perhutanan dan menjelang zona puncak gunung, lihatlah ke belakang dan kita akan memperhatikan hamparan pohon yang bergerak-gerak lembut tertiup angin. Meski menanjak, rute Senaru merupakan rute yang paling dekat dengan puncak Rinjani.

Sembalun Lawang merupakan rute yang paling banyak diambil pendaki pemula sebab konturnya yang lebih datar. Perjalanan ini akan membawa kita mengarungi padang rumput sabana luas dengan hutan-hutan pinus. Kita lebih leluasa memperhatikan Lombok dari ketinggian sebab tak tertutupi pohon-pohon. Kesusahan umumnya mulai dinikmati ketika mulai meniti komponen bibir kawah gunung Plawangan Sembalun, melainkan ini hakekatnya petunjuk bahwa kita akan seketika dibayar oleh panorama puncak Rinjani. (Puncak gunung Plawangan Sembalun ini mengantarkan kita ke bahu gunung Rinjani. Untuk menempuh puncak Rinjani, tinggal mengambil jalan lurus selama 3-4 jam.)Momentum summit attack (3.726 meter dpl) Rinjani biasanya dikerjakan di waktu dini hari supaya dikala hingga bertepatan dengan terbitnya sang surya. Sesudah memperhatikan sang surya terbit, mata kita akan kembali dihibur dikala kawah Segara Muncar sedikit demi sedikit diterangi oleh sang surya. Seakan-akan tiap-tiap estetika disampaikan dengan timing-nya sendiri-sendiri.

Tetapi estetika gunung tertinggi ketiga di Indonesia itu belum usai (oh, jauh sekali dari usai). Sesudah kita kembali dari puncak Sembalun, ambil trek ke kanan dan kita akan hingga di reward terbesar para pendaki Rinjani, danau Segara Hati.Dari atas, Segara Anakan nampak menyerupai laut. Warnanya biru sekali. Segara Anakan memrentang dengan luas sekitar 11.000.000 meter persegi. Air mengalir dari danau sedalam 230 meter ini, menyusun sebuah air terjun pada lembah yang terjal. Kadang, bau dupa atau kembang sesaji yang diletakkan oleh masyarakat beragama Hindu akan tertangkap hidung kita, membikin suasana menjadi terasa lebih spiritual. 

 Apabila dapat berkemah di tepian danau, asyik sekali. Di sini pendaki dapat memancing ikan mas dan mujair, dan berendam air panas. Konon, air Danau Segara Hati yang mengandung sulfur ini bisa menyembuhkan penyakit kulit, rematik dan penyakit lainnya.Di Taman Nasional Gunung Rinjani juga terdapat 3 gua yang familiar merupakan Gua Susu, Gua Payung, dan Gua Manik. Yang paling menarik merupakan gua Susu, yang diketahui bisa menjadi media berkaca diri, kerap di pakai sebagai daerah bermeditasi. Berdasarkan kepercayaan setempat, orang-orang yang berhati iri akan mendapatkan kesusahan untuk menjelang gua. Lubangnya memang sempit. Tetapi sebaliknya, orang orang yang berhati mulia, bersih lahir batin akan bisa masuk sana. Percaya atau tak, silakan dicoba  Yang terang dalam Gua Susu, temperatur cukup panas dan berasap sehingga dikatakan layak untuk menyembuhkan semua ragam penyakit di badan.

1 Response to "Gunung Rinjani Tempat Wisata Gunung Favorit di NTB"

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.CC ....:)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel