Ikan Asam Manis Khas Makassar Di Pandaan Jawa Timur


Ikan asam manis yang menjadi salah satu primadona masakan khas Makassar bisa dijumpai juga di Pandaan, Jawa Timur. Salah satu yang paling lezat ada di Kedai Daeng Kita.

Pernah berkunjung dan berlibur di Kecamatan Pandaan merupakan salah satu pengalaman yang berkesan. Sebagian destinasi liburan yang ada di sana memang belum sempat aku sambangi seluruh, tetapi selanjutnya pasti dapat mengunjungi liburan lain lagi.

Seandainya berlibur seperti ini, kurang total rasanya apabila tak mencoba aneka masakan khas yang ada di sana. Sebagian masakan autentik tempat Jawa Timur juga bisa ditemukan di tempat yang dijuluki sebagai Pasuruan Metropolis.

Walau banyak aneka masakan khas autentik tempat hal yang demikian, tetapi aku memilih satu rumah makan dengan nama yang cukup terkenal: Kedai Daeng Kita. Kata “Daeng” pada nama rumah makan itu merupakan julukan ningrat yang berasal dari tempat aku di Makassar, Sulawesi Selatan.
Nah, di rumah makan itu aku sempat lebih dahulu mempersembahkan nama dan asal tempat aku. Sesudah sedikit berdiskusi, Daeng Tamrin, pemilik rumah makan seketika menawarkan aku menyicip menu andalannya, yakni ikan asam manis.

Kedai Daeng Kita memang mempunyai banyak menu khas Kota Makassar. Misalnya menu ikan asam manis ini, merupakan makanan yang banyak disukai di Sulawesi Selatan. Orang-orang Timur yang memang banyak bekerja sebagai pelaut lebih menyenangi bermacam ragam ikan atau hasil laut lainnya sebagai makanan sehari-hari mereka.

Merasakan menu ikan asam manis ini membikin aku seperti sedang berada kembali di Kota Makassar. Cita rasa saus asam manisnya benar-benar pantas dengan menu ikan asam manis yang awam aku makan di rumah makan andalan aku.

Berbahan dari ragam ikan gurami, membikin perpaduan daging ikan dan saus asam manis benar-benar nendang. Dikala nanas dalam saus dikunyah bersama ikan, terasa terang sensasi asam yang berubah jadi manis di lidah. Kombinasi lada dan bawang bombay juga menambah rasa gurih disetiap gigitannya.

Satu paket menu ikan asam manis lezat ini dihargai sebesar 40.000 rupiah. Paket menu itu terdiri dari satu ekor ikan gurami asam manis, sepiring nasi putih, dan teh hangat atau dingin.

Rumah makan Kedai Daeng Kita berada di dekat terminal tembusan jalan tol Gempol, sekitar 300 meter dari Polsek Pandaan. Domisili lengkapnya di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Pasegan, Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

0 Response to "Ikan Asam Manis Khas Makassar Di Pandaan Jawa Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel